Pemkab Bandung Rehab 1.591 Rumah Tak Layak Huni

Pemkab Bandung, pada tahun 2012 akan merehabilitasi 1.591 rumah tidak layak huni (Rutilahu) bagi warga tidak mampu yang tersebar di 31 kecamatan. Rutilahu itu akan diperbaiki dengan mempergunakan biaya APBD Kab. Bandung tahun 2012 sebanyak 1.000 unit, Kementerian Perumahan Rakyat 579 unit dan biaya dari APBD Provinsi Jabar sebanyak 12 unit.

Kepala Dinas Pemukiman Tata Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) Kab. Bandung Drs. Slamet Mulyana menyebutkan, flafon biaya untuk rehab rumah tidak layak huni dari APBD Kab. Bandung senilai Rp. 5 juta/unit, sementara dari provinsi Jabar sebesar Rp. 15 juta/unit dari kementerian Perumahan Rakyat Rp. 6 juta/unit.

Masih kata Slamet, jumlah rutilahu yang direhab pada tahun 2012 mengalami kenaikan dibanding tahun 2011 lalu yang hanya 205 unit. “Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga tidak mampu,” ujarnya ditengah-tengah launching rehab rutilahu yang dibuka Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip di alun-alun Kecamatan Ibun, selasa (24/4).

Dadang M. Naser mengakui anggaran pemerintah tidak akan cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat, karena itu ia mengajak kepada para hartawan atau pengusaha besar untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk kepentingan umat.”Alhamdulillah sekarang ada sejumlah perusahaan yang ikut membantu pembangunan di Kabupaten Bandung melalui CSR-nya,” ujar Dadang. (bung wir)**

Leave a Reply