Irjel Pol. Suhardi Alius Kapolda Jabar yang Baru, Gantikan Irjen Pol Tb. Anis Angkawijaya

JAKARTA- Kapolda Jawa Barat Irjen Tubagus Anis Angkawijaya digantikan Irjen Suhardi Alius, yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Humas Mabes Polri. Angkawijaya akan menjadi Kadiv Teknologi Informasi Mabes Polri.

Sedangkan, pengganti Suhardi Alius akan ditempati Brigjen Ronny Frengky Sompie yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Pengawasan Penyidik (Karowassidik) Bareskrim Polri.

Mutasi jabatan sejumlah perwira tinggi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1194/VI/2013. Selain itu, sejumlah jabatan di pucuk pimpinan kepolisian daerah (polda) bergeser.

Irjen Pol Suhardi Alius

Irjen Pol Suhardi Alius

Ketua Presidium IPW Neta S Pane menilai, mutasi Sepuluh Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) merupakan hal biasa karena adanya sejumlah perwira tinggi dan Kapolda yang akan pensiun.

Hanya, pihaknya menilai ada enam poin yang menarik untuk dicermati dari mutasi menjelang pergantian Wakapolri dan Kapolri kali ini. Khusus untuk Kapolda Jawa Barat yang pergantiannya tergolong aneh karena baru menjabat sampai setahun. Berbeda dengan Kapolda Sumatera Utara dan Jawa Timur yang sudah dua tahun lebih.

“Apakah pergantian Kapolda Jabar itu berkaitan dengan kasus Susno Duadji yang berlindung ke Polda Jabar saat akan ditangkap aparat kejaksaan,” katanya setengah bertanya.

Sementara itu, daftar mutasi di jajaran Kapolda, yaitu Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Hadiatmoko menjadi Pati Mabes Polri digantikan oleh Irjen Pol Unggung Cahyono yang sebelumnya Kepala Korps Brimob.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro menjadi Wakabaharkam Mabes Polri digantikan oleh Irjen Pol Syarief Gunawan yang sebelumnya Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri.

Kapolda Jambi Brigjen Husen Karta Dipoera menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri digantikan oleh Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Perencanaan dan Adminstrasi Bareskrim Polri.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Didiek Sutomo Triwidodo digeser menjadi Wakabaintelkam Mabes Polri digantikan oleh Irjen Pol Dwi Priyatno yang sebelumnya adalah Staf Ahli Sospol Kapolri.

Kapolda Riau Brigjen Pol Suedi Husen menjadi Kasespimmen Sespim Lemdikpol Polri digantikan oleh Brigjen Pol Condro Kirono yang sebelumnya menjabat Karobinops Polri.

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Mudji Waluyo digeser menjadi Staf Ahli Sospol Kapolri digantikan oleh Irjen Pol Burhanuddin Andi Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri.

Kapolda Kalteng Brigjen Pol Bachtiar Hasanuddin Tambunan digeser menjadi Inspektur I Inspektorat BNN digantikan oleh Brigjen Pol Djoko Mukti Haryono yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri.

Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Yotje Mende digeser menjadi Kasespimti Sespim Lemdikpol Polri digantikan oleh Brigjen Pol Endjang Sudrajat yang sebelumnya menjadi Dirsosbud Baintelkam.

Kapolda Kaltim Brigjen Pol Anas Yusuf digeser menjadi Wakabareskrim digantikan oleh Kapolda Sulawesi Utara Brigjen Pol Dicky D Atotoy, dan Posisi Kapolda Sulut diisi oleh Brigjen Robby Kaligis yang sebelumnya menjabat Inspektorat Wilayah V Itwasum Polri.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengapresiasi kepada Kapolri yang telah melakukan mutasi besar-besaran ini. Diharapkan, para Kapolda baru ini bekerja profesional sebaga polisi. (bung wir/net)**

Tinggalkan Balasan