Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) Baca Tulis Alquran di SD Rancamanyar Dijual Dedet

( Dana Boss – Sumber: net )**

BALEENDAH – Sejumlah Guru agama Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Gugus 14 Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, mempertanyakan legalitas atau dasar hukum penjualan juga pendistribusian buku lembar kerja siswa (LKS) Baca Tulis Alquran (BTQ) di sekolah mereka.

“Kami pertanyakan, pengadaan buku tersebut dibiayai oleh dana bantuan operasional sekolah (BOS). Padahal, sudah jelas dalam Permendiknas No. 2/2008 tentang buku, tidak ada peruntukan dana BOS untuk pembelian LKS. Ada juga untuk pembelian buku paket untuk seluruh siswa,” kata salah seorang guru agama di Gugus 14 Rancamanyar, yang enggan disebut namanya.

Ia mengakui, sepekan terakhir ini ada pengiriman buku LKS BTQ yang disesuaikan dengan jumlah siswa didik (one men one book). Padahal, mereka tidak begitu memerlukan buku LKS tersebut, karena semua materi pelajaran agama sudah terpenuhi dari buku paket.

” Anehnya, buku paket saja yang jelas seharusnya dibeli oleh dana BOS, cuma ada tiga eksemplar itu pun hanya pegangan guru saja. Lalu kenapa buku LKS BTQ yang tidak memiliki landasan hukum harus dibeli berdasarkan jumlah siswa,” keluhnya.

Selain itu, ia juga mempertanyakan alasan Kepala Sekolah yang membeli buku LKS BTQ karangan Hapid dari CV Atikan Mandiri. Sebab, beberapa waktu lalu, buku LKS BTQ dari penulis dan penerbit yang sama ini pernah menuai masalah. Yakni terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan huruf Arab Al Quran.

Sementara itu, Ketua Gugus 14 Rancamanyar Ai Halimah, mengakatakan bahwa pihaknya sudah menerima paket LKS BTQ dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). “Bukunya sudah kami terima dan sudah dikirim ke sekolah. Ia, enggan berkomentar lebih jauh karena saat ini tengah menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.

Ketua Forum Orang Tua Siswa Kabupaten Bandung Nurdin Sobari ketika ditemui di kantor DPRD Kabupaten Bandung, mengatakan setelah buku Baca Tulis Al Quran karangan Hafid marak diberitakan karena banyak ditemukan kesalahan fatal dalam penulisan huruf arab. Kini, buku tersebut sudah direvisi, kemudian di edarkan kembali oleh penerbit CV Atikan Mandiri. Peredaran buku tersebut diduga sarat dengan penyalahgunaan dana BOS 2012. (atep kusman)**

One thought on “Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) Baca Tulis Alquran di SD Rancamanyar Dijual Dedet

  1. masuknya LKS tsb pasti ada ijin dari Kepsek,, dan siapa yg menyuruh kepsek mengijinkan ???? yg jelas tugas kita semua untuk membenahi praktek2 semacam ini,,

Tinggalkan Balasan