H. Dadang Rusdiana anggota DPR RI Komisi X (Andi Rohendi)

SOREANGONLINE-Berbagai aspirasi  terkait pemekaran  Kabupaten Bandung Wilayah timur  mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Adalah H. Dadang Rusdiana anggota DPR RI Komisi X yang menanggapi positif  terhadap keinginan  warga Kabupaten Bandung yang menginginkan percepatan pemekaran Bandung Timur.

Menurutnya, pemekaran wilayah itu merupakan hak  masyarakat sesuai dengan tuntutan peningkatan pelayanan public, Selasa (13/6/2017). “Penyelenggaraan pemerintahan, peningkatan kualitas pelayanan publik itu dapat dilakukan dengan pemberian kewenangan kepada tingkatan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat, bisa camat, bisa juga kepala desa,” ujar Kang Darus sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, kalau hal itu tidak bisa dilakukan dengan baik maka pemekaran bisa dijadikan sebagai solusi mengingat secara geografis maupun demografis masalah yang dihadapi Kabupaten Bandung cukup kompleks.  Tuntutan pemekaran adalah sesuatu yang wajar, tidak usah ditanggapi dengan penuh kecurigaan.

Justru, lanjut dia, pemekaran KBT harus direspon dengan memberikan ruang yang cukup untuk berdialog dan difasilitasi dari Pemerintah Kabupaten Bandung agar terpenuhi syarat administratif dan syarat lainnya untuk  mempermudah terwujudnya daerah otonom baru.

Ia menyarankan, sosialisasi bersama antara KIP4KBT dengan Pemerintah daerah agar terjadinya musyawarah desa yang transparan dan obyektif itu awal yg baik yang harus segera dilakukan. “Kita uji aspirasi saja apakah musyawarah desa itu menyepakati atau mengusulkan pemekaran atau tidak, maka semua pihak harus menghormati hasil tersebut,” sambung mantan Ketua KNPI Kab. Bandung tersebut.

Masih kata dia, jika  hasil musyawarah desa  menginginkan pemekaran,  maka DPRD dan bupati  segera membuat persetujuan bersama berdasarkan criteria yang diatur dalam UU Pemerintah Daerah. (and).