Pemohon SIM di Mapolres Bandung (bung wir)

Pemohon SIM di Mapolres Bandung (bung wir)

SOREANGONLINE-Terkait stok kepingan kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Bandung habis. Untuk sementara waktu kartu SIM diganti resi sebagai bukti tanda kepemilikan SIM.

“Masa berlakunya bisa sampai akhir tahun 2016,” kata petugas saat Soreangonline.com akan menukarkan resi perpanjangan kartu SIM, Sabtu (23/7/2016). Tapi, kata petugas tadi pemohonan baru dan perpanjangan masa berlaku SIM di Mapolres Bandung tetap dilayani.

Stok kartu SIM habis juga terjadi di daerah lain seperti di Polrestabes Bandung dan di Polres Cimahi. Sampai sekarang belum bisa dipastikan mengenai tersedianya kembali bahan baku kartu SIM.

Resi warna biru itu bisa digunakan sementara oleh pemohon yang sudah memperpanjang masa berlaku SIM menggunakan kendaraan. Jika material kartu SIM tersedia, pihak polres akan menghubungi para pemohon yang memiliki bukti resi, kemudian ditukarkan dengan kartu SIM.

Diberitakan sebelumnya pergantian Kapolri dari Jenderal Badrodin Haiti kepada Jenderal M. Tito Karnavian membawa harapan baru. Salah satunya adalah pelayanan publik, seperti yang dijanjikan Tito.

Sementara, minat masyarakat untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) begitu besar, karena merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki seseorang untuk mengemudi kendaraan, baik roda dua dan roda empat. Namun, untuk memperoleh SIM tersebut ternyata tidak mudah. Untuk bisa cepat lulus tes teori dan praktek, tidak mudah tanpa ada ‘bantuan’. (bung wir).